HIV/AIDS

Hilangkan Diskriminasi, Lawan Stigma HIV AIDS di Indonesia

Desember 01, 2019Blued Indonesia


 Download Blued Android & iPhone






Kita sudah tidak asing mendengar penyakit ini, mengingat komunitas kita merupakan salah satu lingkup yang rentan tertular. HIV/AIDS memang masih memiliki stigma yang sangat buruk terutama pada penderitanya. Tidak sedikit teman-teman dengan HIV/AIDS yang di diskriminasikan dalam karir dan lingkungannya. Namun tahukah kamu kalau Orang Dengan HIV AIDS (ODHA) sebenarnya bisa hidup normal dan berdampingan seperti orang lain yang sehat?

 

Sekarang para ADHA dan ODHA tetap dapat hidup normal dan sehat, tanpa harus khawatir karena dengan adanya obat ARV atau antiretroviral yang mampu menekan jumlah virus HIV di dalam darah. Mirip seperti obat hipertensi dan kolesterol, obat ARV harus diminum secara teratur, tepat waktu dan seumur hidup. Di Indonesia ARV dijamin tersedia oleh pemerintah dan dapat diperoleh secara gratis.¹


ODHA (dan ADHA) sangat membutuhkan dukungan dari sekitarnya karena mereka sedang berjuang melawan penyakitnya. ² Maka penting dari kita untuk mulai meng-edukasi diri dan orang-orang sekitar kita yang masih memiliki konsep kuno bahwa virus HIV gampang menular. Umur virus HIV di luar tubuh manusia terbilang sangat pendek karena akan mati beberapa saat di udara bebas. Penularan terjadi hanya lewat darah ke darah, hubungan seksual, dan jarum suntik.³




Dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia tahun 2018 lalu, Blued Indonesia melakukan kunjungan ke Yogyakarta. Blued Indonesia mengadakan beberapa acara di antaranya: Gelar wicara untuk Hari AIDS Sedunia bersama Yayasan Victory Plus, Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan DIY Yogyakarta, dan kunjungan sosial ke sahabat ODHA dan ADHA (Anak Dengan HIV/AIDS) di tanggal 1-3 Desember 2018. Hasil dari penjualan tiket acara ini langsung disumbangkan ke Yayasan Victory Plus Foundation yang memberikan dukungan suplemen dan gizi bagi para anak dan orang dewasa dengan HIV/AIDS.



Adalah sangat penting bagi kita semua untuk beraksi dalam menghapus stigma negatif terhadap HIV/AIDS, karena dimulai dengan melawan stigma kita dapat memerangi penyebarannya di masa mendatang.







▬ ⚣ ▬



 Dapatkan aplikasi Blued di hape kamu sekarang!
 Download App Blued Android & iPhone

You Might Also Like

0 comments