Kesehatan

Tips Perawatan Kulit Untuk Wajah Bebas Jerawat

November 30, 2019Blued Indonesia


https://go.onelink.me/VNRY/b2d2b1c1


Jerawat. Kecil tapi berdampak besar bagi kita yang sangat memperhatikan kesehatan kulit wajah kita. Tetapi sangat sulit untuk mengusirnya apalagi dengan kegiatan kita yang menumpuk dan kondisi udara berpolusi tinggi, rasanya semakin mustahil untuk menjaga kulit wajah agar tetap mulus.


Berikut ini adalah tips mencegah segala jenis jerawat muncul kembali di masa depan.

Photo by Hisu lee on Unsplash

 

1. Cuci muka dua kali sehari, sampai bersih


Masih banyak orang beranggapan memakai makeup adalah penyebab jerawatan. Padahal, yang membuat jerawat langganan muncul terus bukan produk kosmetiknya tapi wajah yang tidak dibersihkan benar.

Umpamanya begini: wajah yang tidak dirias saja tetap harus rutin dibersihkan karena masih sangat mungkin untuk ditempeli kotoran dan debu dari luar. Nah, apalagi kulit wajah yang sudah dilapisi riasan?

Biasakanlah double cleansing setiap hari (apalagi kamu suka mengenakan make-up). Idealnya kamu harus rutin cuci muka dua kali sehari, sebelum tidur dan pagi harinya sebelum berangkat ke luar rumah.


Sumber: GIPHY

2. Jangan suka memegang atau menyentuh wajah


Sebisa mungkin hindari menyentuh wajah, mengucek mata, menggaruk kulit wajah, menopang pipi atau dagu dengan tangan. Ini adalah cara mencegah jerawat yang sering disebarluaskan, tapi jarang ditaati!

Tangan kita dihinggapi oleh ratusan, mungkin ribuan atau jutaan, kuman. Tangan kita juga mungkin mengangkut kotoran atau debu yang tidak kasat mata setelah memegang benda-benda sekitar.

Maka ketika kamu menyentuh wajah dengan tangan, segala macam kuman dan kotoran yang ada di sana bisa berpindah ke permukaan wajah. Ketika sampai di kulit wajah, kuman dan kotoran ini akan menyumbat pori-pori.

Sama halnya dengan kebiasaan memencet jerawat. Selain menyebarkan bakteri, kamu juga dapat semakin mengiritasi kulit wajah yang sudah meradang. Akibatnya, jerawat makin mudah untuk muncul lagi dan lagi dan lagi dan lagiii..


Sumber: GIPHY

 

3. Membenahi pola makan


Hubungan antara makanan sebagai penyebab jerawat belum diketahui pasti. Namun, beberapa ahli berpendapat ada makanan tertentu yang dapat memengaruhi hormon dan memicu peningkatan produksi minyak (sebum) wajah.

Sebaiknya mulailah kurangi konsumsi makanan tinggi gula, makanan berlemak, dan makanan yang serba digoreng sebagai cara mencegah jerawat dari dalam.

Ubah pola makan Kamu jadi lebih sehat dengan memperbanyak makan buah, sayuran, serta gandum utuh yang tinggi vitamin dan mineral baik untuk kulit. Jangan lupa juga cukup minum air putih setiap hari untuk menjaga kelembapan dan kesehatan kulit dari dalam.


Photo by Brandless on Unsplash

 

4. Bijak pilah-pilih produk skincare dan makeup


Tidak ada salahnya untuk merias wajah setiap hari agar tampil menawan. Kunci agar berbagai cara yang kamu lakukan untuk mencegah jerawat tidak sia-sia adalah pemilihan produknya.

Umumnya disarankan untuk memilih produk kosmetik serta skincare yang tidak menyumbat pori (noncomedogenic) dan yang tidak berbahan dasar atau mengandung minyak (oil-free).

Jangan lupa juga untuk lebih mencermati label komposisi produknya. Jangan pilih produk kosmetik atau skincare yang mengandung pewarna, berpewangi (apalagi yang sangat menyengat), dan bahan pengawet lainnya.

Terakhir, selalu cek tanggal kedaluwarsa nya dan pastikan kamu menyimpannya dengan baik supaya tidak mudah terkontaminasi bakteri.

Bagi para Queen, kuas, spons, dan sikat yang biasa digunakan untuk memulas wajah juga harus dibersihkan teratur dengan sabun dan air sebagai cara mencegah penumpukan bakteri, yang dapat menyebabkan munculnya jerawat. Pastikan bahwa sikat benar-benar kering sebelum digunakan.

Sumber: GIPHY

 

5. Banyak istirahat dan jangan sampai stres terlalu berat.


Tidak banyak yang sadar bahwa efek dari stres dan kurang tidur yang berlarut-larut dapat memengaruhi kesehatan kulit.

Kedua kebiasaan buruk ini dapat meningkatkan kadar hormon stres kortisol dalam tubuh. Hormon kortisol yang berlebih dapat memicu peradangan dalam tubuh, yang salah satu efeknya adalah kerusakan struktur dan fungsi kulit.

Maka dari itu, mencukupi waktu tidur setiap malam dan menghilangkan stres menjadi cara mencegah jerawat yang tidak boleh disepelekan. Selain itu, kamu juga bisa melakukan hal-hal berikut ini untuk mengurangi stres kamu:

    Meditasi
    Relaksasi sebelum tidur dengan cara membaca atau mandi air hangat
    Jalan-jalan
    Lakukan hobi kamu


Sumber: GIPHY

 

6. Olahraga rutin


Olahraga bisa membantu mengurangi stres yang sering membuat jerawat bermunculan. Selain itu, aktivitas fisik dapat melancarkan sirkulasi darah. Kulit pun akan menerima lebih banyak oksigen dan nutrisi yang menjaganya tetap sehat dan terawat.

Selama berolahraga, kamu juga akan terus berkeringat yang membantu mendorong keluar kotoran menyumbat di dalam pori-pori. Dengan begitu, pori-pori akan kembali bersih dan segar.

Satu yang kamu harus ingat: segera keringkan badan dan mandi setelah berolahraga. Hal ini mencegah jerawat datang yang disebabkan oleh keringat dan pakaian kotor.



Sumber: GIPHY


7. Jaga kebersihan handphone dan sarung bantal


Menjaga kebersihan layar ponsel, sarung bantal, hingga kebersihan rambut penting dilakukan sebagai cara mencegah jerawat.

Rutinlah membersihkan ponsel beberapa hari sekali, sementara untuk sarung bantal, guling, dan seprai rutinlah ganti setiap seminggu sekali. Cuci seprai dan sarung bantal guling yang kotor juga seminggu sekali. Jika cuaca sedang sangat panas, dan kamu baru saja sembuh dari sakit atau banyak berkeringat, dianjurkan untuk lebih sering lagi mencucinya.

Mungkin kamu sedang bertanya-tanya, apa hubungannya ponsel dengan jerawat? Tanpa disadari dua benda ini dapat menjadi sarana penyebaran kuman, dan terus-terusan berkontak dengan kulit wajah kita. Maka jika permukaan layar ponsel dan kain perlengkapan tidur mu kotor, wajah kamu pun juga bisa ikut kotor.


sumber: GIPHY

 

8. Apa yang digunakan di rambut sebaiknya jangan terkena muka


Hati-hati menggunakan wewangian, minyak, pomade, atau gel pada rambut kamu. Sebab, jika hal-hal tersebut menyentuh wajah, dapat menutup pori-pori kulit dan mengiritasi kulit.

Tidak cuma itu. Setiap kali keramas atau pakai kondisioner, pastikan kamu benar-benar membilas rambut sampai bersih. Sisa-sisa sampo, kondisioner, dan produk rambut lainnya yang menempel di rambut bisa memicu timbulnya jerawat di kepala dan pinggiran muka. Nggak mau kan gays jerawatan di kepala 😱


 
Sumber: GIPHY

 

9. Lindungi wajah dari sinar matahari


Salah satu cara paling penting untuk mencegah jerawat adalah rajin memakai suncreen atau tabir surya setiap kali akan keluar rumah.

Radiasi sinar matahari bisa menyebabkan dampak serius berupa peradangan dan kemerahan jika langsung menerpa kulit. Radiasi UV matahari bahkan bisa menembus awan dan jendela. Maka entah itu saat cuaca sedang panas, mendung, atau bahkan hujan, jangan sampai pernah terlupa untuk pakai tabir surya.

Oleskan sunblock yang minimal ber-SPF 30 kira-kira 20 menit sebelum keluar rumah dan ulangi setiap 2 jam sekali sepanjang hari sebagai salah satu cara mencegah jerawat.




Photo by Matthew Tkocz on Unsplash

 

10. Konsultasi ke dokter


Jika berbagai cara di atas tidak juga mencegah jerawat balik lagi, ada baiknya Kamu lanjut berkonsultasi ke dokter. Dokter kulit dapat menentukan dan membantu merencanakan perawatan kulit seperti apa yang tepat untuk kamu demi mencegah jerawat kambuhan.

Pada kebanyakan kasus, jerawat yang suka muncul terus meski sudah giat “diperangi” mungkin disebabkan oleh hormon tubuh yang tidak seimbang. Maka, dokter dapat meresepkan obat untuk mengatur kembali hormon tubuh supaya mencegah jerawat muncul lagi.


👦

Intinya gays, cara mencegah jerawat mana pun yang kamu pilih, kunci utamanya adalah sabar dan konsisten. Mayoritas perawatan jerawat membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk memperlihatkan hasil yang maksimal. Yang penting telaten yaa.




▬ ⚣ ▬



 Dapatkan aplikasi Blued di hape kamu sekarang!
 Download App Blued Android & iPhone



sumber: https://hellosehat.com

You Might Also Like

0 comments