Hal ini mungkin tampak tidak masuk akal, namun beberapa politisi Indonesia mencoba untuk menggambarkan bahwa kriminalisasi perilaku seksual sesama jenis yang dilakukan oleh orang dewasa adalah cara untuk melindungi dari bahaya. Jadikan perilaku seks sesama jenis sebagai kejahatan, kata mereka, dan elemen konservatif akan ditenangkan untuk menghindari ledakan tindakan kekerasan. Jika ada tata cara resmi untuk melaporkan dan menuntut orang-orang LGBT, logikanya anggota masyarakat tidak akan menggunakan serangan kekerasan.
Argumen ini memiliki daya tarik tertentu di tengah kepanikan moral di Indonesia tentang seksualitas, namun substansinya tidak masuk akal – terutama mengingat demonstrasi retorika pedas yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia yang tidak henti-hentinya terhadap aktivisme LGBT dan orang-orangnya. Tetapi sementara para politisi memutar keputusan mereka saat ini sebagai kompromi politik, proposal kebijakan mereka menggemakan hubungan historis yang sangat bermasalah antara hukum Indonesia dan serangan main hakim sendiri terhadap kaum minoritas – dan mencerminkan kekejaman di masa yang akan datang.
Pada akhir Januari lalu, Zulkifli Hasan, ketua MPR RI, yang merupakan salah satu tokoh masyarakat pertama yang mengeluarkan komentar anti-LGBT pada tahun 2016, mengatakan kepada wartawan bahwa ada anggota parlemen yang mendiskusikan kesetaraan pernikahan – sebuah isu yang memicu wacana politik Indonesia . Pada tahun 2017, seruan untuk memboikot Starbucks menjadi viral di media sosial, karena CEO perusahaan kopi tersebut empat tahun sebelumnya menyatakan dukungannya untuk kesetaraan pernikahan. Pernyataan Zulkifli Hasan bahwa legislatif sedang membicarakan kesetaraan pernikahan tidak benar, tapi dalam pertandingan catur politik di Jakarta, secara efektif memojokkan semua pemain untuk secara terbuka menegaskan dukungan mereka untuk beberapa tingkat oposisi terhadap kesetaraan LGBT.
Seorang anggota parlemen, perwakilan dari provinsi Aceh, menyarankan hukuman mati. Posisi Aceh sangat ekstrem; Aceh adalah satu-satunya provinsi di Indonesia yang diizinkan untuk menerapkan Syariah dan hukum pidana lokal yang mencakup hukuman untuk melakukan hubungan seksual sesama jenis yang dilakukan oleh orang dewasa, serta klausul yang mendorong tindakan main hakim sendiri oleh masyarakat. Pada 2017, hukum cambuk di depan publik pertama kali dilakukan di Indonesia untuk menghukum homoseksualitas.
Anggota parlemen lainnya mengusulkan kriminalisasi seks sepenuhnya di luar nikah, dengan hukuman tambahan jika antara dua orang dengan jenis kelamin yang sama – undang-undang anti-perzinahan, dengan ketentuan anti-gay. Sebuah kelompok yang disebut Aliansi Cinta Keluarga (AILA) Indonesia mengajukan usul serupa ke Mahkamah Konstitusi pada Juli 2016, di mana hakim menolaknya dengan suara 5 banding 4.
Beberapa legislator lain yang terlibat dalam revisi KUHP mengusulkan apa yang mereka anggap sebagai kompromi. Seperti Ichsan Soelistio, anggota parlemen dari partai politik terbesar Indonesia, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dan salah satu anggota yang memperbarui KUHP negara tersebut mengatakan bahwa: “[Kami] telah sepakat untuk menerima sebuah undang-undang yang memungkinkan untuk penuntutan atas hubungan seks di luar nikah dan hubungan seksual sesama jenis, tapi hanya jika salah satu pasangan seksual atau anggota keluarga mereka melaporkan kejahatan tersebut ke polisi. “
Ichsan Soelistio, yang merupakan anggota partai pengusung Presiden Joko Widodo, menyebut versi undang-undang ini sebagai “firewall.” Tanpa itu, dia menegaskan, “masyarakat dapat mencoba membawa undang-undang itu untuk tindakan main hakim sendiri” dan menyerang LGBT.
Usulan tersebut sangat mirip dengan bagaimana politisi Indonesia telah berusaha untuk memutar hukum penghujatan negara tersebut sebagai kekuatan yang menstabilkan dan tindakan pencegahan terhadap kekerasan main hakim sendiri. Pada tahun 2008, pemerintah juga mengeluarkan peraturan anti-Ahmadiyah, dengan alasan bahwa hal tersebut akan mencegah warga sipil menyerang komunitas minoritas Muslim, yang sering dituduh melakukan penghujatan terhadap Islam.
Hukum penistaan agama, pasal 156a dari KUHP Indonesia, disahkan pada tahun 1965 dan menghukum penyimpangan dari ajaran sentral dari enam agama resmi yang diakui Indonesia dengan hukuman lima tahun penjara.
Pada tahun 2009, ketika intelektual Muslim menantang hukum penistaan agama di Mahkamah Konstitusi, saksi-saksi pemerintah membela undang-undang tersebut, dengan mengatakan bahwa kelompok Muslim mungkin akan menyerang kelompok minoritas agama jika undang-undang penistaan agama dibatalkan karena Muslim Indonesia percaya bahwa ini adalah tugas mereka untuk membela Islam. Pada akhirnya, pada tahun 2010 pengadilan memutuskan 8 banding 1 bahwa hukum penistaan agama secara sah membatasi ekspresi religius minoritas karena untuk menjaga “ketertiban umum.” Pengadilan setuju bahwa tanpanya, minoritas agama dapat menjadi sasaran kekerasan oleh anggota yang tidak toleran terhadap publik.
Sebenarnya, yang terjadi justru sebaliknya – berulang-ulang kali.
Kelompok-kelompok militan Islam dan warga masyarakat telah menargetkan Ahmadiyah, Gafatar, Kristen, Budha, Konghucu dan agama minoritas lainnya. Selama lebih dari satu dekade, polisi, militer, dan otoritas lainnya telah gagal berulang kali membela komunitas religius ini, menyelidiki serangan tersebut, dan membawa pelaku ke pengadilan. Sementara itu, puluhan telah dituntut berdasarkan hukum karena mengekspresikan pandangan agama minoritas. Undang-undang tersebut telah menjadi kegagalan dalam teori dan praktik, dan sumber kekerasan, bukan perlindungan.
Dalam menolak permohonan pada tahun lalu untuk mengkriminalisasi homoseksualitas, Mahkamah Konstitusi Indonesia mengatakan bahwa parlemen memilih apakah akan mengkriminalkan perilaku seksual secara privat, namun memperingatkan agar tidak melakukan kriminalisasi berlebihan. “Jika seseorang membangun argumen bahwa untuk mempertahankan tatanan masyarakat adalah untuk memaksa anggota masyarakat yang dianggap berperilaku menyimpang untuk mengubah perilaku mereka melalui ancaman hukuman mati,” hakim tersebut memperingatkan, “pada dasarnya dia percaya bahwa tatanan masyarakat dapat dibentuk hanya dengan tindakan represif saja. “
Jadi, ketika legislator seperti Ichsan Soelistio menyarankan bahwa “kita tidak melarang LGBT. Kami mencoba memberi mereka kebebasan dalam batas-batas tertentu, ” hal itu sangat memuakkan. Kampanye anti-LGBT yang dimulai pada 2016 telah menyebar ke dalam kekerasan secara langsung – termasuk penggerebekan polisi di klub malam yang merupakan tempat pendidikan tentang HIV dan tempat tes HIV, serta rumah-rumah pribadi. Sedikitnya 300 orang LGBT ditangkap tahun lalu.
Hak asasi manusia bukanlah masalah kompromi politik, dan perlindungan tidak pernah dicapai melalui sanksi pidana terhadap hak-hak fundamental minoritas. Ini bukan kebebasan berekspresi versus keamanan, atau privasi versus martabat. Pengalaman Indonesia dengan hukum penistaan harus cukup bukti untuk memberi keseimbangan kembali pada perlindungan hak asasi manusia. Indonesia tidak pernah dalam sejarahnya mengkriminalkan perilaku seksual sesama jenis bagi orang dewasa: 2018 bukanlah tahun untuk melakukannya.
Sumber: http://www.suarakita.org/
0 comments